Aspek Penting Administrasi Dalam Perusahaan

Aspek Penting Administrasi Dalam Perusahaan

Mungkin Anda juga merasakannya, kalau persoalan administrasi itu cukup menyebalkan. Ya, itu memang tidak dipungkiri lagi, saya pun mengakuinya. Bagaimana tidak, ketika Anda bisa melakukan aktivitas bisnis yang penting, Anda perlu dipusingkan dengan berbagai macam laporan dan pendataan administrasi, entah untuk urusan apapun.

Mudahnya, mungkin bagi beberapa orang menganggap bahwa administrasi adalah persoalan yang membuang-buang waktu.

Tetapi, apakah seperti itu?

Bagi saya, administrasi merupakan sesuatu yang dilematis. Di satu sisi, pencatatan seluruh data menjadi sumber kita -sebagai pelaku bisnis- dalam memutuskan sebuah strategi. Namun, di sisi lainnya, administrasi merupakan sesuatu yang paling membosankan. Dimana pencatatan harus tertib, rapi, bebas typo, penggunaan kata-kata yang baku, dan lain sebagainya.

Disini, saya akan menjelaskan beberapa poin penting yang dapat membantu Anda, secara perlahan, dalam memahami apa, sih, pentingnya administrasi dalam dokumentasi perusahaan atau organisasi Anda.

  • Membantu Anda Memahami Data Laporan Secara Jelas

Penulisan dan pendataan yang rapi dan sistematis, tentu dapat membuat atasan Anda lebih mudah memahami inti sari laporan yang Anda buat.

Rasanya akan jauh berbeda ketika membaca laporan yang tidak rapi, banyak salah ketik, dan salah tanda baca. Hal tersebut bisa saja mengakibatkan kesalahan interpretasi data, sehingga justru menghasilkan keputusan yang keliru.

  • Melatih Kecermatan dalam Hal Apapun Secara Detail

Saya paham bahwa rasanya ketika harus membuat laporan, apalagi yang menggabungkan antara laporan deskriptif dengan angka. Hal itu kadang membuat Anda super pusing dan perlu pelan-pelan dalam membuat laporan tersebut.

Tetapi, apakah Anda menyadarinya bahwa hal tersebut justru dapat melatih Anda untuk fokus dan melakukan pengecekan secara cermat terhadap laporan yang Anda buat, baik dari penentuan huruf kapital, tanda baca, penggunaan kata-kata yang tidak perlu atau bertele-tele, typo, dan hal lainnya.

  • Menunjukkan Sisi Profesionalitas di Hadapan Umum

Ada juga kalanya ketika sebuah copywriting serta laporan tertentu lainnya perlu Anda sampaikan kepada publik, seperti unggahan di media sosial perusahaan, selebaran pamflet, laporan keuangan bisnis bagi perusahaan terbuka (IPO), dan case lainnya.

Dikarenakan akan banyak orang yang melihat hasil tulisan atau laporan yang Anda buat, tentu Anda akan menghindari berbagai kesalahan administratif, sehingga Anda perlu memahami bahwa pentingnya kualitas keadministrasian Anda dalam membentuk kepercayaan publik terhadap kualitas perusahaan atau organisasi Anda.


Tentunya, dari beberapa poin di atas, apakah Anda mulai menyadari kualitas administrasi tim Anda menjadi salah satu hal yang penting?

"Alah, mas, bentar lagi udah ada teknologi AI yang bisa mengatasi persoalan itu semua."

Yah, kalau gitu, saya mending sharing sama orang yang mau mendengarkan saja. Hehe.