Waspada, Ini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu dan Penipuan!!!

Waspada, Ini Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu dan Penipuan!!!

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan? Anda harus menyadari ciri-ciri tawaran pekerjaan palsu dan Penipuan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:



1. Gaji yang Tidak Wajar

Iklan pekerjaan palsu biasanya menawarkan gaji yang terlalu tinggi atau tidak realistis untuk posisi yang ditawarkan. Jangan mudah tergoda dengan tawaran gaji yang tidak masuk akal.


2. Meminta Biaya Pendaftaran atau Administrasi

Jika sebuah perusahaan membebankan biaya pendaftaran atau administrasi untuk berpartisipasi dalam pemilihan, itu mungkin merupakan tanda tawaran pekerjaan palsu. Biasanya, perusahaan yang sangat membutuhkan karyawan tidak meminta apa-apa.


3. Tanpa informasi perusahaan yang jelas

Perusahaan yang benar-benar eksis tentu akan memberikan informasi yang cukup jelas seperti alamat, nomor telepon, dan website. Jika Anda tidak dapat menemukan informasi ini, itu bisa menjadi tanda posting pekerjaan palsu.


4. Tidak ada proses seleksi yang jelas

Perusahaan bereputasi memiliki proses seleksi yang jelas dan terbuka. Jika Anda tidak dapat menemukan informasi apa pun tentang proses seleksi yang sedang berlangsung, itu bisa menjadi pertanda adanya pekerjaan palsu.


5. Tidak ada wawancara

Biasanya, perusahaan mengatur wawancara sebelum mempekerjakan karyawan baru. Jika Anda langsung diterima tanpa wawancara, bisa jadi itu pertanda pekerjaan palsu.


Jangan tertipu oleh tawaran pekerjaan yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Selalu pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu sebelum mengirimkan informasi pribadi apa pun dan melakukan pembayaran apa pun. Tetap waspada dan jangan mudah tertipu dengan tawaran pekerjaan palsu.


Temukan Artikel Menarik Lainnya di Seleksa.id