Bisnis Sampingan yang cocok di era digital

Bisnis Sampingan yang cocok di era digital

Kerja paruh waktu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penghasilan di samping pekerjaan utama Anda. Selain itu, menjalankan bisnis sampingan juga dapat membantu Anda mengembangkan berbagai keterampilan, memperluas jejaring sosial, bahkan membuka jalan bagi perusahaan yang lebih besar di masa mendatang. Namun, tidak semua perusahaan cocok untuk pekerjaan paruh waktu. Berikut beberapa ide bisnis yang cocok sebagai pekerjaan sampingan.


Layanan penulisan konten

Jasa penulisan konten adalah bisnis sampingan yang cocok untuk Anda yang bisa menulis dan tertarik dengan pemasaran digital. Anda dapat memberikan layanan penulisan artikel, blog, dan konten media sosial kepada bisnis atau individu yang membutuhkannya. Layanan penulisan konten bisa menjadi pilihan yang menjanjikan karena semakin banyak bisnis yang membutuhkan konten berkualitas untuk meningkatkan visibilitas dan branding mereka.


Toko online

Bisnis online seperti toko online atau menjual produk melalui pameran bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Anda bisa menjual produk apapun mulai dari baju, tas, sepatu hingga elektronik. Saat ini menjalankan bisnis online sudah semakin mudah karena platform online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya memudahkan perusahaan untuk memasarkan produknya dan menjangkau pasar yang lebih luas. konselor atau pelatihan

Jika Anda memiliki keahlian atau pengalaman di bidang tertentu, seperti keuangan, pemasaran, manajemen, atau sumber daya manusia, bisnis sampingan Anda dapat berupa konsultasi atau pelatihan. Mereka dapat memberikan layanan konsultasi atau pelatihan kepada individu atau perusahaan yang membutuhkannya. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan Anda dan memperluas jaringan Anda di industri yang sama.


Layanan Fotografi

Jasa fotografi bisa menjadi usaha sampingan yang sangat menjanjikan bagi Anda yang memiliki kemampuan fotografi yang baik. Anda dapat menyediakan jasa fotografi untuk acara seperti pernikahan, ulang tahun dan acara lainnya. Bisnis ini memungkinkan Anda mengembangkan keterampilan fotografi dan berinteraksi dengan orang-orang yang bisa menjadi klien masa depan Anda.


Jasa pembuatan aplikasi atau website

Jika Anda memiliki keterampilan teknis dalam pengembangan aplikasi atau web, maka pengembang aplikasi atau web adalah pekerjaan yang tepat untuk Anda. Mereka dapat menyediakan jasa pembuatan aplikasi atau website kepada perusahaan atau perorangan yang membutuhkan. Bisnis ini memungkinkan Anda mengembangkan keterampilan teknis dan membangun portofolio yang menarik. 


temukan artikel menarik lainnya di seleksa.id