Bank Danamon & MUFG Berikan Fasilitas ke Startup di Indonesia Raih Pendanaan

Bank Danamon & MUFG Berikan Fasilitas ke Startup di Indonesia Raih Pendanaan

MUFG Bank dan PT Bank Danamon Tbk memudahkan startup mendapatkan pendanaan dari calon investor. MUFG dan Bank Danamon bermitra untuk menyelenggarakan Business and Investment Matching Fair, yang mempertemukan klien korporat di ekosistem MUFG dengan startup yang membutuhkan pendanaan. “Acara ini penting bagi MUFG dan Danamon, karena mencakup dan memenuhi kebutuhan kedua sisi rantai pasokan dan permintaan ekosistem MUFG,” kata Kazushige Nakajima, Director, Country Head of Indonesia, MUFG Bank, dalam konferensi pers . , Senin (27 Februari) Matching Fair merupakan program tahunan MUFG dan Danamon. Tujuannya adalah untuk mempertemukan nasabah kedua bank untuk bertemu dan berjejaring, bertukar informasi bisnis, menjajaki peluang kerjasama dan menyimpulkan perjanjian bisnis.


Tahun ini, untuk pertama kalinya, Investment Matching Fair yang khusus memfasilitasi perusahaan start-up Indonesia turut serta dalam program tersebut. Acara ini memungkinkan para startup untuk bertemu dan berjejaring dengan beberapa pendukung MUFG lainnya. Forum investasi ini didukung oleh unit investasi MUFG, MUIP, KFIN dan MARS Capital. Sekitar 115 pelanggan, 150 start-up dan tiga pemodal MUFG menghadiri acara tersebut. Agenda ini merupakan kelanjutan dari Inovasi MUFG Garuda No. -setelah mendirikan perusahaan modal ventura. 1 Kemitraan Investasi Terbatas atau Garuda Fund. MUFG, MUIP dan Danamon telah menginvestasikan US$100 juta atau sekitar 1,5 triliun rupiah untuk memperkenalkan dana kepada para pemula. Pencocokan bisnis serupa juga dilakukan di negara lain oleh mitra strategis MUFG lainnya, Krungsri (Bank of Ayudhya) di Thailand dan Security Bank di Filipina. “Acara ini menawarkan klien Danamon kesempatan untuk menjalin hubungan bisnis dengan anak perusahaan MUFG dan mitra bank, serta klien korporasi Jepang,” kata Widjojo Kangmasto, Deputy General Manager Bank Danamon Honggo. Honggo mengatakan MUFG menyediakan ekosistem yang memungkinkan Danamon berkolaborasi antara investor strategis dan startup dengan skala komersial dan kemampuan digital. “Melalui kerjasama ini, Danamon dapat memperkuat penawaran produknya, mengamankan akses ke basis nasabah yang lebih beragam dan menumbuhkan industri keuangan melalui inovasi digital,” ujarnya. MUFG merupakan bank terbesar di Jepang yang memiliki 92,47% saham Danamon per Desember 2022. Akhir tahun lalu, MUFG menginvestasikan $200 juta atau sekitar 3,1 triliun rupiah di fintech Akulaku Inc.  


Sumber

https://katadata.co.id/yuliawati/digital/63fc6ed1a84e0/mufg-dan-bank-danamon-fasilitasi-startup-di-indonesia-raih-pendanaan