Tips Menggali "Ikigai" Anda untuk Peningkatan Karir Profesional

Tips Menggali "Ikigai" Anda untuk Peningkatan Karir Profesional

Bagi Anda yang mendalami pengembangan diri, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah asing yang satu ini. Yup! Ikigai! Ikigai sendiri merupakan istilah Jepang yang mengacu pada tujuan hidup atau motivasi yang membantu seseorang menemukan kebahagiaan dan makna hidup.

Yang menarik adalah, ketika Anda mencoba memahami Ikigai dalam konteks karir profesional, maka Anda akan menemukan makna bahwa Ikigai dapat membantu seseorang menemukan kepuasan kerja dan meningkatkan kinerjanya.

Dalam artikel ini, saya mencoba membagikan beberapa tips untuk mempelajari ikigai untuk kemajuan karir Anda, antaralain:

  • Kenali dirimu sendiri 

Langkah pertama untuk menemukan "keabadian" adalah mengenal diri Anda sendiri dengan baik. Anda perlu memahami apa yang Anda sukai, apa yang membuat Anda bahagia, dan apa yang membuat Anda merasa terinspirasi. Ini mungkin termasuk refleksi pribadi, tes kepribadian, atau bahkan konseling profesional. 

  • Kenali Nilai Anda 

Setelah Anda memahami diri sendiri, langkah selanjutnya adalah mengenali nilai Anda. Nilai adalah prinsip atau keyakinan yang penting bagi Anda dalam hidup. Mengetahui nilai-nilai Anda dapat membantu Anda menentukan pekerjaan atau organisasi yang tepat untuk Anda. 

  • Temukan minat Anda 

Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang membuat Anda merasa terobsesi atau tertarik padanya. Baik itu menulis, memasak, teknologi, atau kreativitas, mencari tahu apa yang Anda sukai dapat membantu Anda menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda. 

  • Jelajahi Keterampilan Anda 

Sekarang setelah Anda mengetahui minat Anda, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa keterampilan Anda. Apa yang Anda kuasai dan di mana Anda dapat memengaruhi organisasi atau lingkungan kerja Anda. Mencari tahu keterampilan Anda dapat membantu Anda menemukan jenis pekerjaan yang tepat dan membantu Anda mengembangkan karir Anda. 

  • Temukan pekerjaan yang tepat 

Sekarang setelah Anda mengetahui diri Anda sendiri, nilai-nilai, minat, dan keterampilan Anda, langkah selanjutnya adalah mencari tahu pekerjaan atau organisasi mana yang cocok untuk Anda. Baik itu industri, lingkungan kerja tertentu, atau pekerjaan, Anda perlu mencari tahu jenis pekerjaan apa yang memberi Anda kepuasan dan memungkinkan Anda mengembangkan karier profesional Anda. 

  • Berbicara dengan profesional yang sudah sukses 

Berbicara dengan orang yang telah mencapai kesuksesan dalam karir mereka. Belajar dari pengalaman mereka dan cari tahu apa yang membuat mereka merasa bahagia dan terinspirasi di tempat kerja. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pengetahuan dan perspektif baru dalam karir profesional Anda. 

  • Tetap fleksibel 

Jangan takut mencoba hal baru dan mempertimbangkan pilihan baru. Fleksibilitas membantu Anda menemukan ikigai baru atau memperluas ikigai Anda saat ini. 

  • Fokus pada Tujuan Anda 

Setelah Anda menemukan ikigai Anda, tetaplah fokus pada tujuan Anda dan jangan takut untuk mengejar karir profesional yang selaras dengan tujuan hidup Anda.

Semoga dengan hal-hal ini, Anda dapat menemukan apa yang membuat Anda semangat dan untuk terus hidup dengan penuh rasa positif dan bahagia.