Pentingnya 'Triple-C' Dalam Persaingan Dunia Profesional Part 2

Pentingnya 'Triple-C' Dalam Persaingan Dunia Profesional Part 2

Melanjutkan artikel sebelumnya.


Setelah kita memahami pentingnya Creative Thinking, tentunya C berikutnya adalah Critical Thinking. Kemampuan ini merupakan kemampuan dimana seseorang mampu memberikan sebuah gagasan baru, mengkritik ide, dan memoles sebuah pemikiran menjadi sebuah hal yang menarik dan berguna.


Untuk kemampuan ini merupakan kemampuan yang perlu dipoles dengan konsisten dan membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Tentunya pemikiran kritis tidak serta merta muncul dalam waktu semalam, bak Candi Rorojonggrang. Tentu Anda bisa melatihnya dengan membaca buku, membaca artikel, menulis, menganalisis pemikiran tertentu, diskusi, dan lain sebagainya.


Perusahaan juga tentunya tidak menginginkan karyawan yang tidak punya "added value". Pada akhirnya, karyawan juga dituntut untuk mampu menjalankan tugasnya dengan mandiri dan baik. Maka, dengan Critical Thinking ini, Anda mampu menjadikannya sebagai alat yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan ide dan gagasan apapun.


Dan C yang terakhir adalah Connection. Kemampuan dalam membangun koneksi tentu menjadi nilai spesial jika Anda ingin mengembangkan karir Anda. Maka jangan Anda salahkan mereka-mereka yang Anda anggap oknum karena mereka bisa masuk ke sebuah instansi dengan menggunakan jasa orang dalam. Itulah nikmatnya memiliki koneksi. Toh, itu juga tidak menyalahi apapun. Tentu perusahaan akan lebih percaya pada orang-orang yang lebih dikenal dari pada Anda yang tidak dikenal.


Dengan membangun koneksi, Anda akan membuka peluang lebih besar, dalam hal apapun. Sebagai pengalaman nyata, saya juga pernah menjadi HR yang sedang merekrut kandidat. Ternyata salah satu kandidat adalah orang yang sudah saya kenal baik sebelumnya. Bukan apa-apa, karena memang secara sikap dan kemampuannya dalam bekerja pun memang bagus. Ya, tentu dengan adanya teman saya ini, saya punya "pegangan pasti" sebagai calon kandidat yang bisa saya terima.


Dengan "Triple C" ini, Anda dapat menyadari bahwa dunia profesional akan bekerja dengan "prinsip" ini. So, apakah Anda sudah memiliki ketiganya dengan maksimal?