2022, Tahun Yang Cukup Gila! Lalu, 2023 Bagaimana?

2022, Tahun Yang Cukup Gila! Lalu, 2023 Bagaimana?

Tentunya, Anda akan bersepakat dengan saya bahwa pada tahun 2022, dunia global banyak diguncang oleh berabagi fenomena, khususnya dalam sektor bisnis dan ekonomi yang mungkin mempengaruhi berbagai macam aktivitas, mulai dari mikro individu, hingga makro negara.

Di awal tahun 2022, mungkin sebagaian dari Anda juga memahami tren NFT (Non Fungible Token) yang sangat menjamur. Nama yang cukup fenomenal, seperti Ghozali contohnya yang berhasil meraup keuntungan miliaran rupiah. Hal ini sempat membuat kita berfikir bahwa NFT-lah era baru dari industri bisnis dan perekonomian yang akan berkembang untuk ke depannya.

Memang, hal tersebut menjadi penanda bahwa perkembangan teknologi yang terjadi cukup pesat. Tahun 2022 dianggap menjadi tahun dimana perkembangan teknologi terus meningkat dengan cepat. Ini dapat membawa perubahan besar dalam cara bisnis dijalankan, terutama dalam hal keuangan dan pemasaran.

Dan yang paling menghebohkan ialah terjadi perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan dampak yang cukup parah pada sektor perekonomian secara global. Bahkan situasi ini menjadi salah satu penyebab isu resesi global yang akan terjadi di tahun 2023.

Hal tersebut tentunya jadi hal yang menggemparkan seluruh dunia, dimana tahun 2022 sempat diharapkan menjadi tahun awal pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19. Banyak negara di dunia sedang berusaha untuk pulih dari dampak ekonomi yang terjadi. Akan tetapi, dengan adanya isu global yang menerpa seluruh dunia membuat sebagian negara mengalami kesulitan.

Tentu, apapun yang terjadi selama tahun 2022 membuat kita berpikir keras untuk mencari solusi atas berbagai macam problematika dan tantangan yang dihadapi oleh siapapun.

Namun, ada satu benang merah yang bisa kita simpulkan dari berbagai macam fenomena yang terjadi selama tahun 2022, yaitu terjadinya perubahan situasi secara cepat.

Lantas, bagaimana dengan tahun 2023?

Untuk menyikapi berbagai macam fenomena tersebut, menurut saya, kuncinya adalah dengan beradaptasi. Kita tentu tidak berharap hal buruk terjadi di tahun 2023. Saya pribadi cukup nyesek melihat fenomena Startup Bubbles yang pecah dan mengakibatkan perusahaan rintisan harus melakukan efisiensi dengan memberlakukan layoff secara masal.

Tentunya, tahun 2023 akan menjadi tahun yang lebih menantang. Kita perlu untuk waspada dan bersiap dengan berbagai macam skenario yang akan terjadi.

Maka dari itu, sudah selayaknya kita perlu mempersiapkan diri untuk mengelola apapun yang ada dalam lingkup diri kita agar kita bisa menghadapinya dengan baik.

Anda dapat mulai mengatur keuangan untuk Anda simpan dan investasikan pada instrumen yang tepat. Anda perlu juga untuk meningkatkan kapabilitas dan keterampilan Anda agar mampu bersaing dalam situasi yang mengharuskan Anda untuk terus beradaptasi.


Source:

Pixabay.com - TheDigitalArtist