Tak Lagi Bakar Duit, Ini Kriteria Start Up yang Dilirik Investor

Tak Lagi Bakar Duit, Ini Kriteria Start Up yang Dilirik Investor

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada beberapa kriteria yang diperhatikan investor saat berinvestasi di sektor pendidikan, teknologi, dan startup secara umum. Kenneth Li, CEO MDI Ventures Singapore, mengatakan setidaknya ada tiga kriteria yang dilihat investor.

Menurut Kenneth, terlepas dari industri yang dipertimbangkan, perusahaan cukup konsisten dalam hal ukuran dan pertumbuhan pasar.


"Mungkin (pasarnya) sekarang kecil tapi tumbuh signifikan, atau pasarnya sekarang besar tapi tumbuh mantap," ujarnya di Profit CNBC Indonesia, Senin (5/8/2023).


Investor kemudian melihat sendiri pendiri startup tersebut. Mereka mencari founder yang memahami segmennya dan tahu apa yang mereka lakukan.


“Itulah yang mungkin kita lihat pada awalnya. Ketiganya menentukan bisa atau tidaknya sebuah startup melangkah ke fase berikutnya,” imbuhnya.


Untuk mencegah startup membakar uang tunai, MDI mengikuti strategi pertumbuhan dengan biaya yang masuk akal daripada pertumbuhan dengan biaya berapa pun. "Kami juga tidak tertarik dengan EBITDA positif tanpa pertumbuhan. Jadi kami akan melihat tingkat pertumbuhan yang nyaman bagi kami dan jika masih negatif maka kami akan melihat tingkat negatifnya." dia selesai 


Temukan Artikel menarik lainnya di seleksa.id