Cara mengatur keuangan bagi karyawan

Cara mengatur keuangan bagi karyawan

Mengelola gaji memang tidak semudah yang kita bayangkan , apalagi dengan gaya hidup yang sekarang dirasa gaji sangat pas pasan atau juga Sebagian juga merasakan hanya cukup untuk kebutuhan sehari hari saja, berikut tips dari seleksa.


1.      Buatlah Rencana bulanan

Ketika menerima gaji, terkadang kita gelap mata beli sesuatu hal yang mungkin tidak kita butuhkan, membuat rencana bulanan akan sangat membatu anda untuk membagi dana yang anda terima sebagai gaji di setiap bulannya untuk kebutuhan anda saat itu.


2.      Catat Pemasukan & Pengeluaran

Ada baiknya anda juga mencatat pemasukan & pengeluaran untuk kebutuhan sehari hari anda, hal ini sangat berguna sekali, untuk mengetahui kemana saja aliran dana yang anda keluarkan agar anda juga tidak sembrono dalam mengeluarkan atau membelanjakan gaji.


3.      Alokasikan dana darurat

Kita tidak akan tahu kedepan seperti apa, pastikan juga anda menyisihkan uang anda dari gaji untuk keperluan dana darurat, besarannya adalah 3-6x gaji, setelah itu barulah anda bisa berfokus untuk menabung atau berinvestasi.


4.      Cari penghasilan tambahan

Jika memang dirasa penghasilan anda tidak cukup untuk memenuhi gaya hidup anda, mungkin juga saatnya anda mencari perkerjaan/ penghasilan tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup anda sehari hari dan juga untuk tabungan kedepan.