Runchise Raih Pendanaan US$1 Juta untuk Kembangkan Teknologi dan Inovasi di Industri Kuliner

Runchise Raih Pendanaan US$1 Juta untuk Kembangkan Teknologi dan Inovasi di Industri Kuliner

Jakarta, 8 Mei 2024 - Runchise, startup manajemen restoran dan waralaba kuliner asal Indonesia, kembali mendapatkan suntikan dana segar senilai US$1 juta (sekitar Rp16 miliar) dari investor terdahulu, East Ventures dan Genesia Ventures. Pendanaan ini akan difokuskan pada pengembangan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan profitabilitas para mitra restoran.


"Kami yakin pendanaan ini merupakan bentuk kepercayaan yang kuat terhadap solusi kami untuk memberdayakan industri makanan dan minuman," ujar Daniel Winoto, Co-Founder dan Chief Executive Officer Runchise, dalam keterangan persnya.

Pentingnya Teknologi untuk Efisiensi Operasional

Daniel menyambut baik investasi yang dilakukan East Ventures dan Genesia Ventures. Ia meyakini bahwa teknologi merupakan alat penting dalam memastikan efisiensi operasional di industri F&B. Oleh karena itu, Runchise berkomitmen untuk menghadirkan solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku industri, membantu mereka meningkatkan profitabilitas dan memanfaatkan peluang yang ada.

"Kami akan memprioritaskan investasi dalam kegiatan branding dan ekspansi untuk memperluas jangkauan perusahaan ke lebih banyak kota, sekaligus memberdayakan lebih banyak bisnis untuk berkembang," jelas Daniel.


Peluang Besar di Sektor F&B dan Tantangan yang Dihadapi

Menurut Daniel, sektor makanan dan minuman (F&B) dan perhotelan memiliki peluang yang sangat besar di berbagai negara berkembang, namun industri ini juga memiliki persaingan yang ketat. "Keunggulan dan efisiensi operasional memiliki peran penting untuk dapat berhasil dalam sektor ini," kata dia.

Sayangnya, para pemain F&B masih menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam memaksimalkan pertumbuhan, hal ini semakin menantang dikarenakan keterbatasan dari solusi yang dirancang khusus untuk industri ini.


Solusi Komprehensif Runchise

Runchise hadir sebagai solusi inovatif yang dirancang berdasarkan pemahaman komprehensif tentang proses bisnis dan pengoperasian restoran. Platform user-centric dengan ekosistem end-to-end ini memungkinkan seluruh informasi dari gerai restoran terhubung secara transparan, akurat, dan konsisten ke dalam satu platform.

"Dengan platform online atau berbasis cloud, Runchise memastikan seluruh informasi dari gerai restoran terhubung secara transparan, akurat, dan konsisten ke dalam satu platform," ungkap Daniel.


Solusi Runchise mencakup berbagai aspek penting dalam bisnis restoran, seperti:

  • Operasional front-store
  • Fungsi back-office
  • Integrasi dengan platform pengiriman makanan online
  • Keterlibatan pelanggan (customer engagement)
  • Prediksi penjualan harian untuk setiap outlet melalui machine learning


Dukungan Investor dan Keyakinan Terhadap Masa Depan


Melisa Irene, Partner East Ventures, menyatakan antusiasmenya untuk kembali berinvestasi di Runchise. "Dengan peluang besar di industri F&B ditambah dengan keahlian Daniel dan timnya, kami yakin Runchise akan terus memainkan peran penting dalam mendorong digitalisasi ekosistem F&B di Indonesia," kata Melisa.

Melisa menambahkan bahwa Runchise dengan beragam solusinya berada pada posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang di industri F&B yang dinamis dan berkembang.

Takahiro Suzuki, General partner GENESIA, juga meyakini bahwa dengan pengalaman dan kepemimpinan Daniel, Runchise siap menjadi pemimpin dari industri F&B. "Kami yakin dalam menegaskan kembali komitmen kami kepada Runchise melalui investasi lanjutan ini dan berharap dapat mendukung Daniel dan timnya di saat mereka terus menetapkan standar baru di sektor F&B," ujar Takahiro.

Tentang Runchise


Runchise didirikan pada tahun 2022 oleh Daniel Winoto (Co-Founder dan Chief Executive Officer) dan Ivana Widjaja (Co-Founder dan Chief Operation Officer). Perusahaan ini telah membantu ratusan brand dalam meningkatkan dan menyederhanakan proses, terutama dalam memperluas operasi brand ke beberapa lokasi.


sumber : https://katadata.co.id/digital/startup/663aebee142cf/east-ventures-suntik-startup-kuliner-runchise-rp-16-miliar?page=2