Mengenal 10.000 Jam terbang

Mengenal 10.000 Jam terbang

Mungkin bagi teman teman mempertanyakan, bagaimana seseorang dikatakan expert atau ahli di bidangnya, sebetulnya kalimat 10.000 jam terbang muncul dari buku karya Malcolm Gladwell berjudul Outliers yang menuliskan practice make perfect.


saya jadi teringat perkataan guru bela diri saya kala itu yang mengatakan bahwa " jangan pernah takut dengan sabuk hitam, tapi takutlah pada orang yang terus berlatih" hal itu juga di kuatkan dengan Repetision is Key, bahwa pengulangan adalah kunci anda menjadi seorang expert , jika diukur 10.000 jam terbang dan dikaitkan dengan 8 jam kerja dalam sehari dan 5 hari kerja, maka kurang lebih anda bisa dikatakan seorang expert jika masa kerja anda selama 5 tahun.


Tapi apakah orang yang mempunyai 10.000 jam terbang selalu expert ? bisa dikatakan benar, namun hal ini tidak mutlak, ada beberapa faktor yang bisa dikatakan sebagai seorang expert .


Cara Menjadi Expert/Ahli :


Long Life learner


Seorang Expert tidak hanya selalu mengulang ulang pekerjaan pada bidangnya, akan tetapi selalu belajar dan mendalami perkerjaan tersebut, karena akan ada segudang ilmu terkait, yang harus dipelajari. Jadi, sifat pembelajar seorang expert juga wajib di pertimbangkan.


Problem Solver


Problem Solver adalah salah satu kunci dalam menjadi Expert, bayangkan jika hanya berpatokan pada 10.000 jam terbang saja akan tetapi anda hanya berkutat pada masalah yang itu itu saja dan belum belum terselesaikan, seorang expert akan mencoba bagaimana memecahkan masalah di bidangnya.


Nah , sekarang tidak hanya 10.000 jam terbang saja ternyata namun ada faktor lain yang dipertimbangkan apakah orang tersebut di anggap Expert/ahli di bidang tersebut, bagaimana dengan anda ?