Apakah Salah Ketika Awal Karir Langsung Fokus Untuk Cari Uang Sebanyak-Banyaknya?

Apakah Salah Ketika Awal Karir Langsung Fokus Untuk Cari Uang Sebanyak-Banyaknya?

Ini merupakan pengalaman ketika saya bertemu dan berbicara dengan kawan lama saya. Yup, bisa dibilang, kami adalah angkatan muda dalam dunia karir. Tentunya, bagi pemain baru, yang terpenting adalah bisa merasakan atmosfer dunia kerja yang sangat kompleks.

Masalah uang? Tentu manajemen puncak di setiap perusahaan tidak langsung mengambil tindakan yang gegabah untuk memberikan start salary setara dengan karyawan profesional yang sudah punya pengalaman yang cukup. Apapun bidangnya, bisa dipastikan semua petinggi perusahaan akan sepakat untuk mengatur struktur dan skala upah secara adil dan sesuai dengan kemampuan individu.

Balik lagi kepada cerita saya. Saat itu, kawan saya bercerita bahwa saat ini, yang difokuskan dalam pekerjaannya adalah mendapatkan bayaran yang setinggi-tingginya. Tidak peduli dengan apapun.

Tentu saya mengapresiasi semangatnya. Siapa pun juga pasti menginginkan upah yang besar karena hal itu berdampak kepada stabilitas keuangan dan kebahagiaan individu. Saya tidak menyangkalnya.

Namun, dari pengalaman yang saya lalui lebih dari 5 tahun bekerja di awal, ternyata saya sedikit keliru ketika saya hanya memfokuskan untuk mencari uang yang banyak. Ketika saya menguliti diri saya, ternyata kemampuan dan pengalaman saya untuk mendapatkan bayaran yang besar cukup berbanding terbalik.

Saya mencoba membayangkan menjadi seorang petinggi perusahaan dan mendapati karyawan baru yang seorang freshgraduate, ketika ia meminta bayaran di atas kewajaran standar yang berlaku, baik dari standar UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) ataupun kemampuan perusahaan. Saya pun tidak rela untuk memberikan bayaran di atas kewajaran. Maka, saat itu juga saya sadar bahwa dalam pembangunan karir awal saya, saya tidak perlu fokus kepada uangnya.

Hal ini juga diperkuat dari salah satu wejangan mentor saya untuk menasihati saya dalam dunia karir.

"Ingat, bahwa pada dasarnya, uang akan mengikuti sesuai dengan fungsinya".

"Pengalaman saat ini-lah yang berharga. Ketika kamu terus belajar dan meningkatkan kapasitas dan pengalaman, kompetensimu akan meningkat. Ketika kamu dibayar tidak sesuai dengan dedikasi yang telah kamu berikan, pada dasarnya kamu sedang menabung untuk masa yang akan datang".

Dalam artikel ini, bukan berarti saya hendak mengecilkan ekspektasi dan semangat kawan-kawan freshgraduate ataupun yang baru mau meniti karir profesional. Namun, kita perlu menyadari bahwa, lagi-lagi, uang akan mengikuti fungsinya. Makanya, yang perlu kita lakukan adalah selalu belajar dan sabar untuk berproses.

Namun, pendapat Anda, yang membaca artikel ini, saya akan dengan senang hati menerima dan berdiskusi mengenai hal ini.

Semoga Bermanfaat!